Mudah dan Informatif, Pengalaman Ikut Kelas Digital Marketing di Hubspot Academy

kelas hubspot academy

Baru 3 bulan yang lalu baru terpikirkan untuk mencoba switch career menjadi seorang marketer digital dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah menyesuaikan dengan skill set yang dimiliki sampai dengan pertimbangan usia untuk memutuskan ingin mendalami jalur karir yang baru.

Sebagai pencari kerja pada bidang baru mengharuskanku untuk mencari validasi atas skill yang dimiliki tentunya saya mengharapkan dengan biaya yang seminimal mungkin. Tidak bermaksud untuk tidak ingin keluar modal tapi saya mengerti betul dimana level yang saya miliki untuk dapat menanggung risiko yang muncul jika saya keluar modal dulu.

Saat itu saya tidak punya kolega bahkan pengetahuan tentang karir digital marketing itu sendiri awalnya, sehingga cukup beruntung dapat mengikuti mini kursus yang diadakan oleh revoU saat itu. Dari situ juga saya mengetahui ada instansi lain yang dapat saya ikuti dengan tanpa biaya.

Cara mendaftar kelas Hubspot Academy


Dengan mengunjungi alamat Hubspot Academy untuk mendaftar akun, dengan mengisi data sesuai dengan identitas asli karena tujuannya adalah agar sertifikat yang didapat sesuai dengan identitas kita dan juga ketika mengakses kresidensialnya juga susuai.

Sebagai pengalaman yang pernah mendaftar di hubspot academy kalian harus memilih jalur pelajaran yang kalian pilih di awal karena kursus yang ditawarkan sangat beragam sehingga harus memilih secara spesifik mana yang musti kalian pelajari. Sehingga saya saranakan untuk memilih jalur materi yang ingin kalian ambil.

Memilih Kurikulum pada Hubspot Academy


jalur materi pada hubspot

Pada saat itu saya memilih digital marketing strategy - inbound marketing, ketika sudah memilih kalian akan mendapatkan dokumen .pdf jalur kurikulum yang kalian ambil sehingga dapat mengetahui materi mana saja yang dapat kalian ambil untuk melengkapi portofolio ataupun pengetahuan kalian. 

Alih - alih untuk mengikuti semua materi yang ditawarkan saya juga memilih materi yang ingin saya pelajari pada kurikulum yang ditawarkan yaitu content marketing, SEO, dan Inbound Marketing dengan pertimbangan waktu dan juga sebagian besar materi pada jalur kurikulum sudah saya pelajari pada kelas lain.

Poin Penting Mengikuti Kelas Hubspot Academy


Dengen durasi rata-rata 3 sampai 4 jam per materi, menurutku hubspot academy sudah cukup memberikan penjelasan yang lengkap dan berkualitas dengan materi yang disampaikan melalui video on demand.

Dengan recorded video tentunya materi yang disampaikan dapat lebih rapi dan terstruktur sehingga memudahkan kita untuk menelaah setiap materi yang disampaikan. Lain halnya jika live streaming yang kadang materi tidak tersampaikan dengan baik dan tidak terstruktur.

Yang paling penting menurutku kalian harus melihat referensi dan tautan pada setiap materi video karena disitu terdapat banya informasi yang saya dapatkan seperti tools, journal, templates, community forum dan blog referensi lainnya untuk mempelajari materi lebih jauh. 


Kekurangan Kelas Hubspot Academy


Mungkin karena saya menaruh ekspektasi yang rendah pada kelas ini sehingga beberapa kekurangan ini tidak cukup membuat saya terganggu sebagai contoh tidak ada pilihan bahasa lain selain bahasa inggris bahkan untuk subtitlenya sekalipun.

Selain itu ketika mengerjakan soal jika kalian belum berhasil pada percobaan pertama kalian bisa memulai kembali untuk mengerjakan test dengan soal dan urutan soal yang sama persis sehingga menutku tidak seperti google skillshop yang terdapat add-on yang mensimulasi test seperti ujian kelulusan yang formal.

Dan karena materi semuanya adalah berupa video on demand sehinggga kurang interaktif dan membosankan tapi hal itu dapat tertutupi karena terdapat forum komunitas yang disitu kalian bisa tanya jawab dengan peserta maupun ekspertis lainnya. Kalau saya cukup membaca berbagai pertanyaan dan jawaban di forum tersebut sudah cukup membantu.

Kesimpulan


Saya sangat menyarankan kalian untuk mengikuti kelas ini terutama bagi kalian yang baru memulai mempelajari disiplin ilmu baru. Dengan tanpa biaya dan informasi yang diberikan tentu cukup worth it.

Tinggal setelah mengikuti kelas ini harus bisa kalian praktekkan atau mencari studi kasus untuk mengimplikasikan apa yang kalian dapatkan melalui kelas ini.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada kolom komentar untuk bisa saling berdiskusi

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak