Apakah Cinta itu Layak Diusahakan?

ilusrasi pasangan

Saya mulai penasaran apakah cinta itu hadir dengan sendirinya ataukah harus kita ciptakan. Pertanyaan yang tetiba muncul saat beberapa kali argumen yang saya pegang selalu terbantahkan. Karena selama ini saya masih percaya bahwa perasaan cinta tidak tercipta dengan sendirinya karenanya kita butuh upaya untuk menumbuhkannya. 

Mendengar pepatah jawa yang berkata, "Witing Tresno Jalaran Soko Kulino". Yang berarti cinta akan tumbuh karena terbiasa. Dengan tindakan kita akan terbiasa, dengan komunikasi kita akan terbiasa, dan dengan empati kita akan terbiasa

Saya bukanlah lelaki jawa yang berperangai melankolis yang lembut dan manis, hanya saja saya melalukan apa yang harus saya lakukan atas dasar logika diatas semua mimik perasaan yang akan keluar. Dan perasaan seperti itu yang terus menggiring saya dalam konklusi impulsif yaitu tumbuhnya cinta yang murni.

Tanpa ampun saya selalu menjadi pihak yang paling paling dirugikan jika dihadapkan hasil yang tidak sejalan dengan arah pemikiranku. Alih - alih mendapatkan apresiasi atas upaya yang telah dikeluarkan justru perasaan bodoh yang tak bernilailah yang didapatkan.

Lain halnya dengan persaaan cinta yang tetiba datang tanpa banyak kata dan tindakan justru yang sering kali pas di awal tanpa ada friksi yang membuat resah. Namun kisah seperti itu justru dalam pengalaman pribadi tidak mudah untuk berjalan beriringan untuk saling koreksi, bertumbuh dan mempertahankannya.

Apakah itu cinta? Ataukah terlalu prematur jika disebut cinta dan apakah hanya perasaan suka yang bertumpu hanya pada sebuah objek ataupun kondisi tertentu. Itulah pertanyaan yang seringkali muncul jika merasa hubungan yang terbangun tidak sejalan. Ataukah jangan - jangan selama ini cinta adalah hal yang sebenarnya tidak pernah ada yang hanya sebagai kiasan untuk menyebutkan koneksi antara dua insan dan bumbu pemanis atas dasar kontrak hubungan.

Tidak ada yang lebih indah selain menemukan manusia yang cintanya setara dengan kita - karasadadas


Belum bisa mendapatkan jawaban akan hal seperti ini karena sejalan dengan saya menulis tulisan ini bahwasanya saya belum bisa mengartikan apa itu yang dinamakan cinta tanpa syarat.

gambar : freepik.com

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada kolom komentar untuk bisa saling berdiskusi

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak