Cara Mengatasi Rasa Malu saat Berolahraga Jalan Kaki

Jalan Kaki

Sudah hampir 3 bulan ini saya mencoba untuk berolahraga seminimal mungkin effort yang dipakai dan seringan mungkin tensi yang dikeluarkan, dengan tujuan agar saya dapat berolahraga dengan konsisten dan tetap disiplin dalam menjaga pola hidup sehat.

Mengapa memilih Berolahraga Jalan Kaki ?

Jalan kaki adalah alternatif yang saya pilih agar saya dapat menjaga ritme pola hidup sehat yang telah saya jalankan. Itulah mengapa dengan jalan kaki berarti pikiran bawah sadar terkonfirmasi bahwa hari ini saya telah melakukan olahraga dan itu dapat membantu saya untuk menjaga pola makan pada hari itu juga. 

Karena pada dasarnya seorang pemalas dan butuh motivasi lebih untuk melakukan olahraga saat akan  melakukannya, pikiran saya tidak terbebani dengan lelahnya bertarung dengan pemikiran prokrastinasi untuk segera memulai bangun dan melangkahkan satu langkah pertama untuk berolahraga.
 

Salah Satu Kekurangan Jalan Kaki

Jika membaca apa yang sampaikan diatas seolah jalan kaki adalah jenis olahraga yang paling sempurna terutama bagi orang mager tapi sebenarnya jenis olahraga ini bagi saya ada kekurangannya yaitu ada satu hal yang saya benci jika keluar rumah dan berolahraga yaitu bertemu dengan orang lain yang saling kenal tapi tidak akrab dan membuka obrolan padahal sebenarnya kita tidak punya intensi untuk melakukan percakapan hanya karena pas saat itu bertemu dan sungkan saja kalau tidak mengajak ngobrol. Sehingga seringkali obrolan itu hanya berisi basa-basi saja. 

Ini terutama saya tinggal di lingkungan desa yang pastinya untuk lingkup dusun pasti tau dan saling kenal, minimal kalau tidak ngobrol pasti akan bertegur sapa.

Apa Bedanya Jalan Kaki dengan Lari ?

Jika kita berlari ketika waktu berpapasan pasti akan sangat singkat sehingga untuk memanggil dan menyuruh berhenti sangatlah kecil sehingga maksimal jika bertemu dengan orang yang sedang lari tetangga kita hanya bertegur sapa saja.

Berbeda jika kita sedang berjalan pastinya semakin besar intensi untuk berkomunikasi dan peluang untuk berhenti dan mengobrol masih sangat besar. Jika kita adalah pemalu dan introvert tentu hal ini akan menjadi masalah.

Tips agar Tidak Malu Saat Jalan Kaki

1. Berdandan yang Proper
Maksudnya adalah salah satu alasan orang untuk mengajak kita ngobrol karena mereka tidak tahu bahwa tujuan kita adalah berolahraga. Dengan berpakaian seperti orang yang berolahraga orang lain tidak akan berspekulasi bahwa kita tidak ada tujuan lainnya.

2. Memilih Rute yang Sama
Pilihlah rute yang sama untuk sementara waktu sehingga rute yang biasa kita lewati mereka akan tau bahwa kita sedang melakukan olahraga tanpa perlu untuk menanyakan kembali.

3. Memilih Waktu yang Tepat
Memilih pagi hari adalah waktu yang tepat untuk kita melakukan olahraga jalan kaki di samping udaranya yang masih segar pada pagi hari banyak yang sedang melakukan aktifitas sehingga semakin kecil kesempatan untuk orang lain membuka obrolan.

4. Mengajak Teman
Dengan mengajak teman kita akan lebih siap mental dalam menghadapi perasaan insecure jika berhadapan dengan orang lain.

5. Latihlah Mental
Jika kita tetap konsisten dan melaluinya lama kelamaan perasaan untuk sungkan dan malu saat bertegur sapa dengan orang lain akan menjadi hal lumrah dan jika terbiasa kita tidak lagi terbebani jika suatu ketika kita akan berhenti dan berbincang dengan orang lain.

Kesimpulan

Memilih jalan kaki itu sudah paling cocok untuk orang yang malas berolahraga atau masih pemula tapi juga mempunyai beberapa kekurangan yang jika kita memahami dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya kita tidak akan kesulitan untuk konsisten menjalaninya.

Sumber gambar : Freepik

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada kolom komentar untuk bisa saling berdiskusi

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak