Apa Arti Backingan dan Seberapa Penting dalam Usaha

backingan dalam usaha

Tahun 2020, setelah 2 tahun lebih berwirausaha barulah mengerti seberapa penting arti backingan untuk berwirausaha. Karena ketidaktahuanku mengenai hal tersebut aku harus menutup beberapa usaha yang sebelumnya sudah berjalan.

Usaha itu adalah peternakan ayam petelur yang sudah berjalan dari tahun 2018 akhir yang terpaksa harus berhenti karena digusur oleh warga sekitar. Sebenarnya sebelumnya sudah berjalan dengan baik saat populasi masih sedikit dan komunikasi dengan warga terjalin baik dan perijinan juga sudah terkumpul. setelah penambahan populasi barulah warga sekitar mulai protes dengan berbagai macam alasan yang hasil rapatnya pun sangat berat sebelah.

Sebelumnya langkah - langkah preventif untuk menghindari hal tersebut terjadi sudah ku pelajari dan dimaintain dengan baik seperti berusaha menekan kadar amoniak, lalat dan menjaga komunikasi dengan warga sekitar dengan memberikan sumbangan sudah dilakukan tetapi hasilnya masih nihil.

Pada saat itu sebenarnya putusan rapat warga sempat ku hiraukan karena menurutku aku sudah melakukan prosedur yang sudah benar tetapi ulah warga yang menghambat operasional sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan operasional usaha.

budidaya ayam petelur

Apakah itu Backingan dalam Usaha ?

Backingan adalah sesuatu hal yang dapat menunjang bagi berlangsungnya bisnis atau usaha yang kita jalankan. Usaha atau bisnis seringkali membutuhkan “backingan” atau dukungan untuk sukses dan berkembang.

Jenis - Jenis  Backingan dalam Usaha

Ada beberapa jenis backingan yang semua dapat saling melengkapi dan bermanfaat bagi keberlangsungan usaha yaitu :
  • Modal: Uang untuk memulai dan menjalankan bisnis, baik dari sumber pribadi, investor, atau pinjaman.
  • Pengetahuan dan Keterampilan: Memiliki pengetahuan yang memadai tentang industri dan keterampilan dalam manajemen, pemasaran, dan operasi.
  • Jaringan dan Koneksi: Hubungan dengan pihak-pihak penting seperti mitra bisnis, pelanggan, pemasok, dan mentor.
  • Dukungan Teknologi: Infrastruktur teknologi seperti perangkat lunak, hardware, dan sistem manajemen.
  • Dukungan Hukum dan Administratif: Bantuan untuk aspek hukum seperti pendaftaran bisnis, perizinan, dan perlindungan kekayaan intelektual.
  • Sumber Daya Manusia: Tim yang kompeten dan berpengalaman dalam berbagai aspek operasional bisnis.
  • Dukungan Komunitas dan Mentoring: Bimbingan dari mentor atau dukungan dari komunitas bisnis lokal yang bisa memberikan nasihat dan sumber daya.

Jangan Memulai Usaha jika Belum Punya Backingan

Mungkin dalam beberapa sisi usaha yang saya jalankan sudah memiliki beberapa backingan kuat untuk beroperasi dengan baik tapi seiring dengan ekskalasi usaha maka semakin banyak masalah yang mungkin membutuhkan backingan yang lebih kuat.

Pada kasus saya adalah pertama saya kurang mentor dalam usaha karena murni karena saya mengusai bidang tersebut dan merasa dapat menjalankannya sehingga merasa kurang membutuhkan mentor yang berpengalaman. sebenarnya dulu ada bapak saya yang sering memberikan nasihat tapi karena menurut saya basic bapak bukan wiraswasta jadi banyak nasihat beliau yang terabaikan.

Kedua adalah kurangnya koneksi dengan orang diluar bidang usaha. seumpama dulu mengenal orang yang mengenal urusan hukum atau pejabat daerah yang berwenang mungkin saya bisa mempertahankan eksistensi bisnis saya dengan pertimbangan dan alasan yang sesuai prosedur hukum.

stock pakan ayam petelur
Selain budidaya juga usaha berjualan pakan ayam, obat, dan vitamin ternak 

Bagaimana Cara Mencari Backingan untuk Usaha

Sebenarnya dalam mencari backingan dalam usaha sangatlah mudah jika kalian mempunyai niat dan kemauan dalam menekuni bidang usaha yang kalian pilih.  Setelah menelaah dan mengetahui bidang bisnis kalian kemudian langkah yang bisa dilakukan adalah :
  • Fokus pada pengembangan produk atau layanan: Inovasi dan kualitas adalah kunci keberhasilan jangka panjang sebuah bisnis.
  • Membangun jaringan bisnis: Berkolaborasi dengan pelaku bisnis lainnya dapat membuka peluang pasar yang lebih luas.
  • Mengikuti regulasi yang berlaku: Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan adalah hal yang wajib bagi setiap bisnis.
  • Membangun reputasi yang baik: Kepercayaan pelanggan adalah aset yang sangat berharga.

Kesimpulan

Meskipun memiliki backingan yang kuat dapat sangat membantu dan bukan mendiskreditkannya tapi banyak bisnis yang sukses dimulai dari ide dan usaha keras dengan sumber daya yang terbatas. Kreativitas dan ketekunan seringkali bisa menjadi kunci utama keberhasilan, terutama di tahap awal.

Jadi pesan yang disampaikan dalam postingan ini adalah jangan takut untuk memulai usaha tapi juga harus tetap memperbaharui keterampilan dan pengetahuan kita tentang bidang usaha sesuai dengan skala bisnis yang dijalankan.

sumber gambar thumnail : Pexels

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada kolom komentar untuk bisa saling berdiskusi

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak