Alasan Memilih Jalan Kaki sebagai Olahraga Utama

olahraga jalan kaki

Jalan kaki cukup 30 menit sehari. tidak butuk banyak motivasi untuk untuk memulainya hanya kemauan kita untuk bangun dan memulai 1 langkah awal yang bisa menentukan kita mau tetap tidur atau memulai olahraga.

Sebenarnya banyak yang mengira bahwa jalan kaki merupakan aktivitas yang tidak memberikan dampak apa-apa bagi tubuh. benar menurutku mereka yang beranggapan demikian karena seperti nafas itu juga merupakan aktivitas fisik yang otomatis, sama seperti jalan kaki saat kita melakukan aktivitas sehari-hari.  

Tetapi yang perlu ditekankan sebenarnya aktivitas jalan kaki yang dilakukan itu sebenarnya sudah memberikan dampak positif bagi tubuh tetapi karena dalam aktivitasi tersebut kita juga mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mungkin beban kalorinya melebihi aktivitasnya sehingga maka seperti hukum dasar jumlah kalori harus lebih banyak keluar daripada yang masuk, hal itu terasa kalau jalan kaki tidak punya efek apapun, lagian jalan kaki juga bukan olahraga yang tepat buat weight-loss kecuali kalau jalan cepat itu masih memungkinkan.

Manfaat Utama Jalan Kaki bagi Kesehatan 

Jalan kaki itu merupakan olah raga kardio yang manfaat utamanya itu pada kesehatan jantung dimana membantu meningkatkan : 
  • aliran darah
  • menurunkan tekanan darah
  • dan mengurangi risiko penyakit jantung. 
Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki selama 30 menit sehari dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 30%. Aktivitas ini juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi pada kesehatan jantung secara keseluruhan. Jika di combo dengan pola hidup sehat tentunya bisa membantu kita lebih sehat kedepannya.

Kesimpulan :

contoh gambar BMI

Aku saat ini dalam masa BMI (Body Mass Index) Overweight jadi kalau olah raga berat sedikit seperti lari itu malah setelahnya kecapekan jadi mengganggu aktivitas produktif yang lain, sehingga dalam seminggu hampir 4 hari aku gunakan jalan kaki dengan anjuran 30 menit atau 5000 langkah per hari itu aku sudah merasa cukup untuk memvalidasi diriku kalau sudah melakukan olah raga hari itu. Sehingga memilih olahraga low-impact seperti jalan kaki adalah hal yang tepat.

Tapi perlu diperhatikan juga bahwa goal yang ingin kalian capai apa, kalau menginginkan penurunan berat badan perlu dikombinasikan dengan olahraga yang lain angkat beban misalnya. Btw aku pernah dikasih info sama rekan instruktur gymku dulu kalau mau program penurunan berat badan lebih baik jalan dulu baru angkat beban. Maksudnya adalah karena target kita membakar energi yang ada di lemak itu pas jalan kaki diawal itu tujuannya membakar energi yang kita punya dulu dan karena jalan kaki itu ga bikin kita capek baru saat kita angkat beban baru memakai energi yang kita simpan di lemak tubuh dengan semaksimal mungkin.

sumber gambar : freepik

2 Komentar

Silahkan berkomentar pada kolom komentar untuk bisa saling berdiskusi

  1. Tapi lebih malu kalau jalan kaki daripada berlari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak soalnya kita kalau lari cuma lewat aja, sedangkan kalau jalan pasti ada intensi lebih buat ngobrol atau sekedar tegur sapa, coba lakukan rutin pasti nantinya akan terbiasa dengan hal semacam itu

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak