Pola Hidup Sehat? Mulai aja Dulu

Makanan Sehat Kartun
Manfaat pola hidup sehat

Bukan kripto, emas, properti, maupun surat berharga yang saat ini menjadi investasi yang paling profitable yang bisa dilakukan dengan less effort melainkan investasi pada kesehatan.

Karena pada dasarnya semua investasi tersebut bisa kita nikmati ketika kita mempunyai raga yang sehat. Beberapa hal yang mungkin bisa saya rangkum dari manfaat menerapkan pola hidup sehat yaitu:

1. Lebih bahagia dan positif
2. Lebih berenergi, produktif, dan percaya diri
3. Mengurangi risiko penyakit
4. Meningkatkan  kualitas hidup

Permasalahan Kesehatan di Indonesia 

Sangat miris ketika kita masih mendengar permasalahan terkait pelayanan kesehatan yang terjadi di indonesia baik itu dikarenakan oleh biaya , diskriminasi penerima manfaat BPJS, bahkan yang klaim rumah sakit yang nunggak kepada pemerintah.
sumber: datanesia

Dari data terlampir kita dapat menyimpulkan kita masih mempunyai permasalahan dalam ketersediaan obat dan biaya dengan indeks   54% dan Kesiapan pemeritah, meskipun indeks pelayanan kesahatan kita masih menjadi tertinggi kedua di ASEAN.

Cara melakukan pola hidup sehat

Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan dari beberapa bulan mencoba melakukan pola hidup sehat adadah yang paling mudah dengan memulai dengan yang paling sederhana. Aku mencoba merangkum 3 pilar utama dari gaya hodup sehat yaitu :

1. Pola makan
Ubahlah secara bertahap makanan yang kamu anggap tidak baik untuk kesehatanmu. contoh saya mempunyai kolesterol yang tinggi. saya tidak mengurangi porsi makan saya yang besar tetapi dari porsi yang besar itu saya coba memberi presentase yang tinggi terhadap sayur dan buah, dan mulai mengurangi porsi gorengan sampai pada saatnya saya hanya mengkonsumsi gorengan 2 kali seminggu dengan porsi yang terukur.

2. Istirahat
Jika tidak mampu mengatur pola tidur yang baik coba melihat kembali aktifitas apa yang kiranya bisa kita padatkan dalam sehari sehingga kita bisa tidur ridak lebih dari jam 10 malam. Karena permasalahn saya adalah saya harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam sehingga saya siangnya harus segera menyelesaikan sebisa mungkin. Ini tergantung permasalahan yang teman - teman hadapi.

3. Olahraga
Mulai dari jalan kaki dan stop prokastinasi. Tidak ada keharusan untuk melakukan olahraga yang berat, jika goal kita hanya menerapkan pola hidup sehat maka yang disarankan adalah cukup jalan kaki sekitar kurang lebih 5000 langkah atau 30 menit minimal.

Mari kita memulai pola hidup sehat

memulai makanan yang well processed

Umur tidak ada yang tahu tapi kita harus mengupayakan yang terbaik atas previlege yang telah tuhan berikan. 
Semoga aku dan para pembaca dapat mengupayakana untuk hidup lebih sehat dan dapat konsisten dalam menjalaninya.

Referensi : 
Gambar Tumbnail : Freepik

4 Komentar

Silahkan berkomentar pada kolom komentar untuk bisa saling berdiskusi

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak