Arti Cheating Day dan Cara Agar Tidak Merusak Diet



   
Saat menjalani program diet tentunya kita harus mengikut beberapa aturan dan pantangan yang harus kita patuhi agar dapat mendapatkan hasil dari program diet. 

Dengan rutinitas dan komitmen yang kita lakukan secara konsisten, kadang merasa lelah dan tergoda untuk berhenti melakukan program diet apalagi buah hasil dari usaha diet yang kita jalani belum kelihatan. 

Untuk menghindari burn-out banyak orang menggunakan cara cheating day supaya tetap dapat menikmati proses diet yang dijalani.

Apa itu Cheating Day

Cheating day adalah konsep berhenti sementara dari rutinitas diet  yang digunakan sebagai self-reward untuk bisa menikmati makanan yang diinginkan diluar menu diet.

Biasanya Cheating day dilakukan sehari atau untuk momen tertentu dan kembali ke rutinitas diet seperti biasa.

Manfaat Cheating day

Salah satu alasan orang melakukan cheating day adalah kerena faktor psikologi. Dengan menikmati beberapa momen untuk dapat memenuhi keinginannya dapat memotivasi untuk tetap konsisten melakukan program diet.

Selain manfaat psikologi, beberapa peneliti juga berpendapat bahwa cheating day dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Apakah cheating day merusak diet

Meskipun mempunyai beberapa manfaat, cheating day harus tetap terukur. 

Seringkali orang menyalah artikan bahwa cheating day adalah momen balas dengan dan dapat mengkonsumsi semua keinginan tanpa terukur.
Agar cheating day tidak merusak pola diet maka harus mempunyai strategi dalam melakukannya.

Cara cheating day yang benar

1. Cheating day saat kondisi mental baik dan pikiran yang mindful
tetap memilah apa yang kita makan adalah hal yang diperhatikan dalam cheating day. coba pilih versi menu sehat yang coba kita konsumsi seperti mengganti bahan makanan yang berkalori rendah.

2. Jangan tumpuk makanan dengan komposisi bahan yang sama
contohnya : ketika sudah makan mie dengan kandungan tepung jangan tambah lagi bakwan. coba cari makanan dengen komposisi bahan lain agar dapat mengkonsumi banyak dalam sekali waktu

3. Pilih makanan dengan konsentrasi kandungan gizi yang besar dalam porsi yang sedikit.
contohnya : minuman kemasan botol mempunyai kandungan gula yang tinggi padahal porsi yang disajikan sedikit, hal tersebut menjadikan kita tanpa sadar mengkonsumsi kalori yang banyak dengan porsi makanan yang sedikit

4. Tetap kontrol emosi
meskipun dapat mengkonsumsi makanan yang diinginkan kita harus tetap mengontrol diri dan menjaga agar yang kita makan tidak berlebihan.

5. Planning sebelum memulai cheating day.
Ini salah satu cara agar cheating day bisa memuaskan tapi masih terkontrol, karena kita lakukan perencanaan pas kondisi mindful dan masih dalam komitmen diet sehingga planning cheating tidak terlalu over dan kita hanya memakan yang sesuai dengan makanan yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

referensi :
gambar thumbnail - Pexels

2 Komentar

Silahkan berkomentar pada kolom komentar untuk bisa saling berdiskusi

  1. boleh asal tidak berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak. intinya kita cheating day harus bener-bener ngeti apa maksud dan tujuan. jangan makai cheating setiap hari atau tanpa alasan yang mendasarinya wkwkwk 🤣

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak